Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tampung Aspirasi PERPEDIN, Ganjar Gagas Kementerian Pemberdayaan Disabilitas

Minggu, 17 Desember 2023 – 17:39 WIB
Tampung Aspirasi PERPEDIN, Ganjar Gagas Kementerian Pemberdayaan Disabilitas - JPNN.COM
Calon Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menghadiri Kirab Budaya Nitilaku dalam rangka HUT Ke-74 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Minggu (17/12). Foto: Tim Media GP.

jpnn.com - YOGYAKARTA - Calon Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo bersama Badan Pengurus Pusat (BPP) Persatuan Pengusaha Disabilitas Indonesia (PERPEDIN) menggagas Kementerian Pemberdayaan Disabilitas.

Awalnya, Ganjar menghadiri Kirab Budaya Nitilaku dalam rangka HUT Ke-74 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Minggu (17/12). 

Lalu, Ganjar didatangi Ketua BPP PERPEDIN Bambang Susilo yang berniat menyampaikan aspirasi sekaligus berdiskusi.

Bambang dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa kaum difabel masih diposisikan sebagai objek dan dipinggirkan, sehingga cenderung terbelakang dengan tingkat pendidikan sangat rendah, serta mengalami demotivasi atau rendah diri. 

"Selama ini, isu disabilitas hanya ditangani secara sosial dan itu kurang maksimal," kata Bambang.

Oleh karena itu, Bambang sengaja menemui Ganjar yang tengah menghadiri Kirab Budaya Nitilaku di Kampus UGM untuk menyampaikan aspirasi, yang salah satunya ialah pentingnya melakukan pemberdayaan ekonomi khusus disabilitas.

"Tadi, usulan kami soal pemberdayaan ekonomi disabilitas sudah kami sampaikan ke Pak Ganjar bahwa disabilitas keterkaitan ekonomi ini harus diberdayakan secara khusus," ungkapnya.

Populasi penyandang disabilitas yang tercatat Survei Ekonomi Nasional (Susenas) sebanyak 28,05 juta jiwa. Jumlah ini setara 10,38 persen populasi nasional pada 2020, dengan jumlah kaum difabel terbanyak pada usia lanjut.

Ganjar menampung aspirasi dari PERPEDIN. Dia bahkan akan menggagas membentuk kementerian pemberdayaan disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close