Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanah Longsor Terjadi di Tulungagung, Mensos Risma Bergerak Cepat Lindungi Warga

Jumat, 28 Oktober 2022 – 23:33 WIB
Tanah Longsor Terjadi di Tulungagung, Mensos Risma Bergerak Cepat Lindungi Warga - JPNN.COM
Mensos Tri Rismaharani memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jumat (28/10). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendorong Pemerintah Kabupaten Tulungagung merelokasi tempat tinggal masyarakat yang rawan longsor. 

Upaya ini dilakukan untuk menghindarkan masyarakat dari risiko lebih lanjut.

Pernyataan Mensos disampaikan saat menyerahkan santunan korban tanah longsor di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jumat (28/10).

Mensos mendengarkan laporan dari Bupati Tulungagung Maryoto Birowo tentang lokasi yang memang berkontur miring. Intensitas hujan yang tinggi meningkatkan resiko bencana di kawasan ini, terutama longsor.

Langkah-langkah mitigasi lebih lanjut perlu segera diambil. "Saya sampaikan kepada Pak Bupati. Kami tadi rapat dengan forkopimda dan DPR. Kami menyepakati pindahkan mereka ke tempat aman," kata Mensos Risma.

Untuk solusi jangka pendek, Mensos menyiapkan bantuan dukungan untuk lokasi pengungsian yang aman. Bila hujan mulai turun dan lebat, di titik yang dipilih tersebut warga bisa mengungsi.

"Untuk sementara saat hujan, panjenengan mengungsi nggeh. Nanti, kebutuhannya akan dipenuhi staf saya selama mengungsi," tutur Risma.

Lebih lanjut, upaya mitigasi yang telah didiskusikan ialah mencarikan lahan yang aman untuk pemukiman. 

Tanah longsor terjadi di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jumat (28/10). Mensos Risma bergerak cepat memindahkan warga ke tempat aman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close