Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tangkal Hoaks, Danakirti Media Group Gelar Diskusi Publik

Jumat, 31 Maret 2023 – 00:28 WIB
Tangkal Hoaks, Danakirti Media Group Gelar Diskusi Publik - JPNN.COM
Danakirti Media Group (DMG) menggelar diskusi publik bertemakan 'Peran Media Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa dan Menjaga Bingkai Persatuan Kesatuan di Tahun Politik 2023-2024'. Foto: Dok. DMG

jpnn.com, BOGOR - Danakirti Media Group (DMG) menggelar diskusi publik bertemakan 'Peran Media Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa dan Menjaga Bingkai Persatuan Kesatuan di Tahun Politik 2023-2024'.

Diskusi dilakukan secara daring lewat zoom meeting dan luring bertempat di Hotel Amaris Pajajaran, Kota Bogor, Kamis (30/3).

Peserta dari perwakilan ketua organisasi kewartawanan, yaitu tokoh masyarakat, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Bogor Brodin, Komisioner Divisi PP Bawaslu Kota Bogor Firman Wijaya, Dirut PT DMG W Hidayat, Komisaris Utama (Komut) PT DMG Aninngeldivita.

Wartawan senior HM Nasir dalam paparannya menyampaikan ekosistem industri pers harus terus ditata. Iklim kompetisi yang lebih seimbang harus terus diciptakan.

"Platform asing harus ditata dan diatur agar makin baik tata kelolanya. Kita perkuat aturan bagi hasil yang adil dan seimbang antara platform global dan lokal," ujar Nasir yang  aktif di organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 2008 hingga 2023 dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Dia menambahkan selain itu pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA) pun diperlukan untuk mendorong komunitas pers menghasilkan berita yang bernuansa positif, berempati dan bertujuan melindungi hak, harkat serta martabat anak yang terlibat persoalan hukum ataupun tidak.

"Dalam posisi apa pun seorang anak dalam peristiwa yang akan diberitakan harus dilindungi. Untuk itulah, jurnalis harus memahami PPRA yang berdasarkan pada UU nomor 34 tahun 2014 tentang perlindungan anak," katanya.

Direktur Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan Nurcholis MA Basir menyampaikan di era digital ini harus dibedakan antara media sosial (medsos) dan platform digital media mainstream yang berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan tetap dijadikan referensi utama.

Danakirti Media Group (DMG) menggelar diskusi publik untuk menangkal hoaks di tahun politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close