Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tangkap 9 Orang Maling Motor, Polisi Sita 37 Kendaraan

Kamis, 21 Desember 2023 – 04:40 WIB
Tangkap 9 Orang Maling Motor, Polisi Sita 37 Kendaraan - JPNN.COM
Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan saat menyerahkan sepeda motor yang telah diamankan dari pelaku pencurian pada pemiliknya, Rabu (20/12/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri)

jpnn.com, CIANJUR - Aparat kepolisian menangkap sembilan orang maling motor yang kerap beraksi di wilayah hukum Cianjur, Jawa Barat.

Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan 37 unit sepeda motor.

Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan ditangkapnya sembilan orang pelaku pencuri kendaraan bermotor itu, dari sejumlah tempat setelah pihaknya mendapat 23 laporan kehilangan selama dua bulan terakhir.

"Sembilan orang berhasil ditangkap dan dua orang lainnya masih buron dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Cianjur, sedangkan beberapa orang yang ditangkap merupakan residivis dengan kasus yang sama," katanya di Cianjur Rabu.

Aszhari menjelaskan dari puluhan sepeda motor yang berhasil diamankan dari tangan pelaku, sebagian besar telah kembali ke tangan pemiliknya yang datang ke Polres Cianjur membawa dokumen kepemilikan lengkap disertai laporan kehilangan.

Sedangkan belasan sepeda motor lainnya masih menunggu pemilik untuk datang ke Polres Cianjur, membawa dokumen lengkap sebagai bukti dan akan diserahkan kembali pada pemiliknya.

"Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman kurang lebih 7 tahun penjara, sedangkan pelaku yang masih DPO dalam pengejaran petugas karena sudah diketahui tempat persembunyiannya," katanya.

Dia menjelaskan selama beraksi pelaku hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membawa kabur kendaraan bermotor yang diincar di parkiran umum atau pekarangan rumah, sehingga warga diminta untuk berhati-hati dan waspada dengan cara menggunakan kunci ganda saat memarkir kendaraan.

Maling motor yang ditangkap mengaku hanya butuh waktu kurang dari tiga menit untuk membawa kabur kendaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close