Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tap MPR Ganjal Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 08 November 2011 – 17:06 WIB
Tap MPR Ganjal Soeharto Jadi Pahlawan Nasional - JPNN.COM
JAKARTA--Mantan Presiden RI Soeharto dinilai belum pantas menerima gelar pahlawan. Mantan Aktivis 98, Masinton Pasaribu, menegaskan Ketetapan MPR Nomor XI/1998 tentang Penyelenggaraaan Negara yang Bebas KKN, yang isinya mengamanatkan penuntasan dugaan KKN Soeharto masih berlaku dan belum pernah dicabut.

"Jadi, Soeharto masih terganjal TAP MPR," kata Masinto, Selasa (08/11) di Jakarta.

Dia menegaskan, tidak semestinya setiap mantan presiden layak mendapatkan gelar pahlawan. Apalagi, lanjut dia, presiden yang melakukan kejahatan kemanusiaan. Seperti tragedi kemanusiaan terhadap orang-orang yang dicap sebagai komunis tahun 1965 hingga 1967, tragedi kemanusiaan di Aceh, Timor-timor, Lampung, Papua.

"Pemberian gelar pahlawan terhadap Soeharto menyalahi UU No 20 tahun 2009 tentang pemberian gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan, yang berasaskan keadilan, kehati-hatian, keobjektifan, dan keterbukaan," ungkapnya.

"Hitler yang melakukan kejahatan kemanusiaan tidak pernah dianugerahin gelar pahlawan dari negara dan rakyat Jerman," tambah Masinton.

JAKARTA--Mantan Presiden RI Soeharto dinilai belum pantas menerima gelar pahlawan. Mantan Aktivis 98, Masinton Pasaribu, menegaskan Ketetapan MPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close