Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Target Bea Cukai Berpotensi Meleset

Proyeksi APBN 2009

Kamis, 18 Desember 2008 – 09:47 WIB
Target Bea Cukai Berpotensi Meleset - JPNN.COM
JAKARTA - Penerimaan bea dan cukai tahun 2009 bisa meleset hingga 30 persen dari target pada APBN 2009. Ini karena penetapan target tersebut belum memperhitungkan dampak krisis keuangan global yang berpengaruh pada menurunnya impor, serta kebijakan tarif terbaru bea masuk dan keluar.

Penerimaan cukai sendiri diperkirakan tidak meleset dari target. Namun proyeksi penerimaan bea masuk dan bea keluar akan sulit tercapai. "Kalau cukai mungkin tidak masalah. Kalau bea turunnya lebih besar lagi, mungkin bisa turun sekitar 30-an persen, karena bea masuk turun, impor turun, bea keluarnya juga menjadi berkurang," kata Dirjen Bea dan Cukai Departemen Keuangan Anwar Suprijadi di Kantor Depkeu, Jakarta, Rabu  (17/12).

Dalam APBN 2009, penerimaan bea cukai mencapai Rp 78 triliun. Jika menurun 30 persen atau Rp 28,4 triliun, hanya akan tercapai Rp 54,6 triliun. Penerimaan cukai ditargetkan Rp 45,5 triliun. Sedangkan bea masuk dan keluar masing-masing Rp 19,2 triliun dan 9,3 triliun.

Anwar mengatakan kondisi saat ini jauh berbeda dengan saat APBN dibuat. "Setelah krisis keuangan global kondisinya lain. Dulu harga CPO di atas USD 500 per ton, sekarang kan di bawah. Kondisi-kondisi itu yang nantinya berpengaruh," kata mantan Dirut PT Kereta Api itu.

JAKARTA - Penerimaan bea dan cukai tahun 2009 bisa meleset hingga 30 persen dari target pada APBN 2009. Ini karena penetapan target tersebut belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close