Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Target Iklan PPPI 2009 Rp 60 Triliun

Korporasi Berhemat, Belanja Politik Naik

Jumat, 14 November 2008 – 15:33 WIB
Target Iklan PPPI 2009 Rp 60 Triliun - JPNN.COM
JAKARTA - Belanja iklan sektor korporasi diperkirakan tertekan sebagai imbas krisis finansial global. Namun industri media di Indonesia tetap bisa lega. Pasalnya, belanja iklan politik tahun depan akan naik tajam.

"Ada pemotongan budget iklan oleh sebagian perusahaan multinasional, tapi dari sisi belanja iklan kampanye kemungkinan naik karena ada pemilu legislatif dan pilpres," ujar Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) Narga Shakri Habib dalam seminar Citra Pariwara 2008 di Senayan City kemarin. Oleh sebab itu pihaknya masih berharap ada peningkatan omzet meskipun tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Narga menyebut, omset periklanan secara nasional setiap tahun meningkat antara 20-30 persen dari sebelumnya. Tahun lalu omset iklan mencapai Rp 40 triliun, tahun ini diprediksi bakal mencapai sekitar Rp 48 triliun. Sedangkan tahun depan diprediksi pertumbuhan omzet periklanan tidak akan sekencang tahun-tahun sebelumnya. Padahal target omzet periklanan 2009 sebesar Rp 60 triliun. "Tahun depan kalau tidak ada krisis global, saya yakin bisa sangat tinggi omzetnya. Kita lihat saja," tukasnya.

Sedangkan mengenai perhelatan Citra Pariwara 2008, Narga mengatakan sangat senang karena hasil karya insan periklanan dapat diapresiasi dengan baik oleh semua kalangan. Dia mengungkapkan sebagian besar hasil karya yang diikutkan dalam Citra Pariwara justru bukan iklan yang biasa dinikmati masyarakat selama ini. "Iklan-iklan di koran, radio, TV yang budget-nya besar, kreatifitasnya relatif kurang. Ini jarang tampil tapi kreatifitasnya tinggi," ungkapnya.

JAKARTA - Belanja iklan sektor korporasi diperkirakan tertekan sebagai imbas krisis finansial global. Namun industri media di Indonesia tetap bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close