Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tegas, Mendagri Ganti Sejumlah Penjabat Kada Tak Netral di Pemilu 2024

Selasa, 19 Desember 2023 – 21:07 WIB
Tegas, Mendagri Ganti Sejumlah Penjabat Kada Tak Netral di Pemilu 2024 - JPNN.COM
Ilustrasi - Mendagri Tito Karnavian. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sangat serius menjaga agar Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

Mendagri bahkan telah mengganti beberapa penjabat (pj) kepala daerah yang dinilai tidak netral menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut dia, penggantian itu dilakukan karena berdasarkan hasil evaluasi dan pendalaman informasi beberapa penjabat kepala daerah terbukti melanggar prinsip netralitas.

"Laporan-laporan mengenai tidak netral yang viral di video segala macam memang ada. Karena itu saya melakukan penggantian," ujar Tito Karnavian pada diskusi bertajuk 'Ada Apa dengan Daerah Khusus Jakarta?' yang akan diselenggarakan di Media Center Indonesia Maju, di Jakarta, Selasa (19/12).

Tito mengatakan indikasi adanya pj kepala daerah yang tidak netral didapatkan dari laporan masyarakat, termasuk keluhan dari partai politik maupun dari para peserta pemilu.

Dari laporan dan keluhan itu Kemendagri kemudian melakukan evaluasi dan mengambil langkah tegas dengan mencopot penjabat kepala daerah tersebut.

Tito lantas menyebutkan salah satu penjabat kepala daerah yang mendapat evaluasi kemudian diganti yakni Bupati Kampar, Riau, Muhammad Firdaus.

"Bupati Kampar salah satunya. Salah satu alasannya itu (tidak netral)," kata Tito.

Mendagri Tito Karnavian bersikap tegas mengganti sejumlah penjabat kepala daerah yang tak netral di Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close