Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Teh Gambir Go Internasional, Pengusaha Ini Bisa Ekspor ke Tiga Negara

Jumat, 26 Februari 2021 – 17:13 WIB
Teh Gambir Go Internasional, Pengusaha Ini Bisa Ekspor ke Tiga Negara - JPNN.COM
Teh Gambir asal kabupaten Pakpak Bharat. Foto: Antara

jpnn.com, PAKPAK BHARAT - Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, berhasil mengekspor Teh Gambir ke sejumlah negara seperti Cina, Jepang dan India.

Pelaku UMKM Teh Gambir, Juanto mengatakan tanaman gambir merupakan salah satu komoditas utama yang bisa diolah menjadi berbagai macam produk turunan, salah satunya adalah teh gambir.

"Berbagai produk olahan dari gambir salah satunya adalah teh celup gambir. Ini adalah minuman herbal, minuman kesehatan yang berguna untuk antioksidan dan juga untuk memperlancar sistem pencernaan," katanya, di Salak, Jumat (26/2).

Juanto menjelaskan, selama ini dirinya yang dibantu pemerintah melalui PT PAL untuk menghasilkan produk teh gambir.

Selain teh, kini penyanitasi tangan dan bubuk gambir yang berkhasit untuk kesehatan juga diproduksi dan dipasarkan.

"Jadi kalau punya keluhan maag, asam lambung, sariawan sangat cocok mengonsumsi Teh Gambir. Minuman ini juga memperbaiki sistem pencernaan," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pakpak Bharat, Losmar Berutu, mengatakan selalu memudahkan para pelaku UMKM untuk mengurus perizinan. Kemudahan perizinan mampu mendorong masyarakat memanfaatkan komoditas gambir sebagai mata pencaharian.

"Kami dari sisi perizinannya. Kalau soal pemasaran sudah dibentuk yang namanya perusahaan daerah. Namanya PT PAL yang memasarkan produk gambir," katanya.