Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tekankan Pentingnya Sinergi Akademisi-Politisi, AHY: Demi Hasilkan Kebijakan Rasional

Sabtu, 14 September 2024 – 16:24 WIB
Tekankan Pentingnya Sinergi Akademisi-Politisi, AHY: Demi Hasilkan Kebijakan Rasional - JPNN.COM
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seusai sidang program doktoralnya di Universitas Airlangga, Kamis (12/09). Foto: Humas ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan pentingnya hubungan erat antara akademisi dan politisi untuk merumuskan kebijakan publik yang rasional dan berbasis data.

Hal itu disampaikan AHY seusai menyelesaikan ujian tertutup doktoral di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/9).

"Dunia politik dan akademik harus berjalan seiring. Jika politisi jauh dari akademisi, kebijakan yang dihasilkan cenderung kurang rasional dan tidak berbasis data," kata AHY dikutip JPNN.com, Sabtu (14/9).

AHY juga berkomitmen akan terus menjaga kedekatan dengan dunia akademik.

Menurutnya, politisi perlu terlibat aktif dalam dunia akademisi agar kebijakan yang dibuat berlandaskan data dan sains. Sehingga kebijakan yang diambil tidak hanya berdasarkan asumsi politik, tetapi juga didukung oleh data yang valid dan kajian ilmiah. 

Dia menjelaskan sinergi antara akademisi dan politisi sangat diperlukan untuk mewujudkan kebijakan yang efektif dan berdampak nyata.

Kementerian ATR/BPN yang AHY pimpin saat ini juga menggandeng pihak akademisi, kampus-kampus ternama, dalam berbagai programnya, termasuk dalam melaksanakan percepatan Reforma Agraria.

Lebih lanjut AHY menjelaskan bahwa akademisi juga memegang peran penting dalam membantu merumuskan kebijakan.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan pentingnya hubungan erat antara akademisi dan politisi untuk merumuskan kebijakan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA