Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teknologi Informasi Dongkrak Hafalan Al-Qur'an Santri DQM

Jumat, 20 Oktober 2023 – 10:19 WIB
Teknologi Informasi Dongkrak Hafalan Al-Qur'an Santri DQM - JPNN.COM
Pembelajaran di Darul Quran Mulia (DQM) menggunakan teknologi informasi dan terbukti bisa meningkatkan hafalan Al Qur’an santrinya. Foto dok. DQM

jpnn.com, JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini bukan hanya menjadi konsumsi lembaga pendidikan umum, tetapi sudah merambah ke pondok pesantren.

Mereka memanfaatkan teknologi itu secara positif untuk mendongkrak para santri berprestasi di segala bidang.

Hal ini tampak dalam pelaksanaan pembelajaran di Darul Quran Mulia (DQM). Bagi mereka, teknologi bukan hambatan melainkan tantangan dan para santri diberi keleluasaan untuk mengeksplorasi teknologi sebaik-baiknya. 

"Menariknya, ketika mereka diberikan akses teknologi, tingkatan hafalan Al Qur’an mereka meningkat 25%,” kata Ketua Bidang Marketing Darul Quran Mulia (DQM) Ustadz Abdurrahman dalam keterangannya, Jumat (20/10). 

Lembaga yang didirikan sejak  2006 oleh K.H. Abdul Hasib Hasan itu, bahkan memberikan fasilitas iPad sebagai media untuk belajar, khusus bagi santri di tingkat SMA. Untuk tingkat SD hingga SMP diberikan kesempatan mengeksplorasi kemampuannya di laboratorium komputer yang telah disediakan.

“Jadi, sudah paperless. Psikologis mereka jadi bahagia dan materi pembelajaran mudah mereka terima karena kebutuhan hiburannya terpenuhi,” ujarnya.

Selain itu, DQM yang sering disebut sebagai pesantren kekinian ini juga rutin mendorong para santri mengikuti berbagai lomba di kancah nasional maupun internasional. Beragam prestasi ditorehkan mulai dari juara MTQ Internasional Cabang 30 Juz di Yordania, Juara 1 IISC International Championship 3, bahkan mendapat medali emas, perak dan perunggu Taekwondo.

"Alhamdulillah, kami juga juara 1 OSN Matematika tingkat Kabupaten Bogor, Juara OSN SMA Olimpiade Sains Tingkat Provinsi, dan lainnya,” tambahnya.

Pembelajaran di Darul Quran Mulia (DQM) menggunakan teknologi informasi dan terbukti bisa meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri DQM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close