Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teknologi Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Senin, 06 Mei 2013 – 21:17 WIB
Teknologi Meningkatkan Kesejahteraan Petani - JPNN.COM
JAKARTA –Bank Indonesia saat ini tengah menjalin kerjasama dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda), terkait peningkatan kesejahteraan para petani. Salah satu pola yang ditempuh mengintensifkan penggunaan sistem elektronik lewat telepon genggam.

“Nantinya dengan sistem ini, misalnya saat petani mau memanen cabai, dia bisa SMS untuk mengetahui daftar pembeli cabai atau pedagang pengumpul yang ada, sehingga bisa melakukan tawar-menawar. Demikian juga saat mereka hendak membeli pupuk, dapat melakukan hal yang sama,” ujar GUbernur BI, Darmin Nasution di Jakarta, Senin (6/5).

Darmin meyakini sistem ini cukup akurat membangun kemampuan masyarakat, sehingga distribusi pasar yang masih lemah, bisa terus semakin dibenahi. “Karena kelemahan petani sekarang ini, mereka tidak memunyai posisi tawar dengan harga. Nah kalau pola-pola ini terus ditingkatkan, maka hal tersebut dapat diatasi,” katanya.

Sistem ini sendiri sangat dimungkinkan, mengingat luarbiasanya penggunaan telepon genggam di tanah air. Dari catatan yang ada, paling tidak terdapat 250 juta handphone yang aktif di Indonesia.

JAKARTA –Bank Indonesia saat ini tengah menjalin kerjasama dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda), terkait peningkatan kesejahteraan para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA