Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Telkom University Peringkat 1 PTS di Indonesia

Selasa, 20 Agustus 2019 – 19:05 WIB
Telkom University Peringkat 1 PTS di Indonesia - JPNN.COM
Logo Telkom University.

jpnn.com, JAKARTA - Telkom University (Tel-U) menempati peringkat ke-1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nasional dalam klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) Indonesia tahun 2019 Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sementara itu untuk seluruh PT (termasuk Perguruan Tinggi Negeri) Tel-U menempati peringkat 14.

Jika dibandingkan dengan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2018, peringkat Tel-U melesat tajam. Tahun lalu, Tel-U menempati peringkat 3 untuk PTS tingkat nasional, dan peringkat 33 untuk seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S. Purnomo mengatakan bahwa apa yang dicapai Tel-U adalah pencapaian yang luar biasa. “Tel-U dari tahun ke tahun terus menunjukkan dan membuktikan diri sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Kualitas yang ditunjukkan Tel-U merupakan komitmen untuk memberikan layanan pendidikan terbaik pada anak bangsa," kata Dwi dalam siaran tertulisnya, Selasa (20/8).

BACA JUGA: Ini 20 Politeknik Negeri dengan Rangking Tertinggi di Indonesia

Sebelumnya, Kemenristekdikti menyebutkan bahwa klasterisasi PT dilakukan untuk memetakan PT Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas PT sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 persen yang meliputi kinerja Input (15 persen) dan Proses (25 persen), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60 persenyang meliputi Kinerja Output (25 persen), dan Outcome (35 persen).

BACA JUGA: Telkom University Siapkan 2 Fakultas dan 17 Prodi Baru, Bangun TULT

Berdasarkan indikator penilaian yang diberikan Kemenristekdikti, Tel-U paling menonjol dari sisi proses jumlah akreditasi prodi (Program Studi), sudah 70 persen prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 persen di antaranya terakreditasi internasional. “Semoga Tel-U dapat terus berkontribusi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia masa depan," tuturnya.

Telkom University menempati peringkat ke-1 PTS nasional dalam klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Kemenristekdikti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close