Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Telkomsel Sediakan Koneksi Berbasis IoT di Alfamart

Jumat, 26 Juni 2020 – 19:17 WIB
Telkomsel Sediakan Koneksi Berbasis IoT di Alfamart - JPNN.COM
Ilustrasi base transceiver station (BTS) Telkomsel. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Alfamart, dengan menyediakan koneksi jaringan berbasis Internet of Things (IoT) untuk mentransformasi jaringan operasional wide area network (WAN) milik Alfamart, melalui solusi IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

General Manager IoT Smart Connectivity Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan implementasi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT, akan membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional.

“Kami menyambut baik kolaborasi bersama Alfamart sekaligus mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan, terhadap solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT dari Telkomsel," ungkapnya melalui video virtual, Jumat (26/6).

Dia menambahkan, Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT mampu menstransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart, dengan menghubungkannya ke sistem cloud sehingga sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintergrasi secara end-to-end.
 
Selain itu, solusi SD-WAN juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP), yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN milik Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud, sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis oleh para pekerja.

Kemampuan yang ditawarkan oleh solusi Managed Service SD-WAN ini memberikan setidaknya empat manfaat utama bagi Alfamart.

Pertama, solusi tersebut membuat perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional.

Kedua, Alfamart tidak perlu lagi menggunakan leased line dalam menghubungkan data center pusat, hub data center, dan gerai atau kantor cabang.

Ketiga, koneksi langsung antara data center pusat dengan perangkat keras di gerai atau kantor cabang juga dapat membuat Alfamart menghindari gangguan teknis pada hub data center, yang mampu mengganggu operasional secara luas.

Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Alfamart, dengan menyediakan koneksi jaringan berbasis Internet of Things (IoT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close