Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tenaga Kerja Sukarela Jadi Program Unggulan Kemnaker di Tengah Pandemi

Senin, 30 November 2020 – 16:45 WIB
Tenaga Kerja Sukarela Jadi Program Unggulan Kemnaker di Tengah Pandemi - JPNN.COM
Badan Diklat Industri (BDI) Jakarta sudah melatih 8.793 orang dari target 10.300 tenaga kerja kompeten dan sudah ditempatkan di beberapa perusahaan industri garmen. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Tahun 2020 akan berpusat pada Sumber Daya Manusia (SDM). Fokus pengembangan SDM terutama pada modal ekonomi berbasis digital.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadirkan kebijakan dengan inovasi dan kemajuan teknologi. Masa Pandemi Covid-19 menjadi kendala baru bagi pencari kerja.

Pembatasan sosial berskala besar yang diterapkan di berbagai kota menjadi sekat yang tak mudah. Dengan keterbatasan ruang dan waktu kemnaker melalui binapenta tidak kehabisan cara untuk memberdayakan pencari kerja.

Salah satunya Tenaga Kerja Suka Rela (TKS). Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan sebanyak 29,12 juta penduduk usia kerja telah terdampak pandemi Covid-19.

Angka tersebut berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Data BPS terbaru menunjukkan Agustus 2020 angkatan kerja kita mencapai 138,22 juta orang, terdiri dari 128,45 juta penduduk yang bekerja dan 9,77 juta penganggur,” Ujarnya.

TKS menjadi program khusus kemnaker guna memberdayakan pencari kerja yang siap mengabdikan dirinya kepada masyarakat di daerah terpencil melalui inovasi dan kemajuan teknologi.

Para TKS ditentukan melalui rekrutmen yang diadakan oleh Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kemnaker.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Tahun 2020 akan berpusat pada Sumber Daya Manusia (SDM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close