Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tenang, BI Pantau Terus The Fed, Enggak Dikasih Kendor

Jumat, 19 November 2021 – 06:03 WIB
Tenang, BI Pantau Terus The Fed, Enggak Dikasih Kendor - JPNN.COM
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam jumpa pers hasil RDG November 2021 di Jakarta, Kamis (18/11/2021). ANTARA/Youtube Bank Indonesia/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan serius memantau perkembangan kebijakan dari Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan pihaknya memantau komunikasi Bank Sentral AS (The Fed) dari waktu ke waktu.

Terlebih, kata dia, pada kebijakan yang dapat berdampak kepada pergerakan nilai tukar rupiah terhadap USD.

"Faktor teknikal dari komunikasi The Fed ini akan berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar dari waktu ke waktu," kata Perry dalam jumpa pers RDG di Jakarta, Kamis (18/11).

Perry menyampaikan langkah The Fed terkait normalisasi kebijakan moneter saat ini sedang ditunggu-tunggu para pelaku pasar maupun investor global.

Pasalnya, bisa memengaruhi pergerakan nilai tukar mata uang dunia.

Perry memastikan BI akan terus menjaga fundamental nilai tukar rupiah, seiring dengan membaiknya kegiatan perekonomian dan neraca transaksi berjalan (CAD) yang rendah, agar kurs terus bergerak stabil.

"Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar," tegas Perry.

Bank Indonesia (BI) menyatakan serius memantau perkembangan kebijakan dari Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close