Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tengkleng Yu Tentrem, Kenikmatan Menyantap Daging Menempel Tulang di Gang Sempit

Rabu, 06 April 2022 – 06:56 WIB
Tengkleng Yu Tentrem, Kenikmatan Menyantap Daging Menempel Tulang di Gang Sempit - JPNN.COM
Pegawai di warung Yu Tentrem tengah membungkus tengkleng pesanan pelanggan. Foto: Romensy Agustino/JPNN.com

jpnn.com - Kota Solo dikenal sebagai daerah yang kaya akan wisata kuliner. Di daerah berjuluk Kota Bengawan itu pula terdapat warung tengkleng Yu Tentrem yang mampu bertahan tiga generasi dan punya pelanggan orang-orang kondang.

Laporan Romensy Agustino, Solo

TENGKLENG merupakan masakan berbahan utama tulang kambing. Namun, warung Yu Tentrem tidak hanya menyediakan tengkleng bercita rasa, tetapi juga keunikannya.

Warung itu berada di Kampung Ngadisono RT 001/RW 002 Joglo, Banjarsari, Surakarta. Letaknya tidak berada di pinggir jalan besar, melainkan berada di tengah perkampungan.

Walakin, warung Yu Tentrem yang mengumpet tidak menyurutkan minat pemburu kuliner lezat untuk menyambanginya. Eksistensi warung itu sudah lebih dari setengah abad dan tetap berpamor.

Saat ini, warung Yu Tentrem dikelola oleh Purwaningsih (49). Perempuan paruh baya itu merupakan generasi ketiga warung Yu Tentrem sejak usaha kulinter tradisional itu dimulai pada akhir dasawarsa 1970.

Ningsih -panggilan akrab Purwangingsih- mengatakan warungnya dirintis oleh neneknya. Saat itu, warung tersebut belum bernama karena tengkleng dimasak di rumah, lalu dipasarkan secara berkeliling.

Nama Yu Tentrem baru dipakai setelah pengelolaan usaha itu beralih dari nenek ke ibunda Purwaningsih pada era 1980-an. Tentrem medupakan nama ibu kandung Purwaningsih.

Di Solo, daerah yang dikenal kaya akan wisata kuliner, terdapat warung tengkleng Yu Tentrem yang pelanggannya orang-orang kondang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close