Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terapi Oksigen Hiperbarik Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 – 17:18 WIB
Terapi Oksigen Hiperbarik Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terapi oksigen hiperbarik yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi kronis, diabetes, luka bakar serta penyakit lainnya dinilai bisa membantu proses penyembuhan bagi pasien positif Covid-19.

Alasannya, aliran oksigen murni ke jaringan tubuh akan mampu mendukung pemulihan jaringan yang rusak.

“Dalam pengembangan fungsi lainnya, terapi ini mampu membantu penyembuhan pasien Covid,” ujar Dr. dr Mendy Habitie Oley SpBP-RE (k), dalam webinar kesehatan, Selasa (23/2).

Dijelaskan Mendy, terapi oksigen hiperbarik  merupakan salah satu metode pengobatan melalui proses oksigen murni di dalam ruangan khusus bertekanan udara tinggi.

Terapi ini sebelumnya dipakai untuk menangani gejala seperti decompression sickness, infeksi kronis, diabetes, luka bakar, penyakit pendengaran, migraine, neuro, kanker dan lainnya. 

"Prinsipnya membantu kinerja organ tubuh guna memperbaiki jaringan yang rusak dengan meningkatkan kapasitas aliran oksigen murni ke jaringan tubuh," kata dokter yang bertugas di Siloam Hospitals Manado itu.

Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum menjalani terapi ini. Khususnya pada pasien yang fobia ruangan tertutup, penderita asma, demam dan paru-paru kronis. 

“Juga mereka yang menderita kelainan sel darah merah, gangguan pada tuba eustachius, serta pneumothorax yang belum terobati,” tuturnya.

Terapi oksigen hiperbarik bisa untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19 karena mampu mendukung pemulihan jaringan yang rusak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close