Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terbang ke Swiss, Cak Imin Hadiri Sidang ILC ke 103

Minggu, 08 Juni 2014 – 15:59 WIB
Terbang ke Swiss, Cak Imin Hadiri Sidang ILC ke 103 - JPNN.COM

jpnn.com - Hari ini, Muhaimin Terbang Ke Swiss Hadiri Sidang ILC ke 103

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menghadiri puncak acara Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-103  yang digelar di di Palais des Nations (gedung Perserikatan Bangsa-bangsa) di Jenewa, Swiss.

Pertemuan ILC yang berlangsung selama 3 pekan dari 28 Mei hingga 12 Juni 2014 ini  dihadiri  oleh perwakilan delegasi dari 185 negara anggota International Labour Organitation (ILO) dengan melibatkan jumlah delegasi yang mencapai sekitar 4.000 orang.

Muhaimin dijadwalkan akan menyampaikan pidato resmi pada Senin tanggal 9 Juni 2014 dihadapan semua pimpinan delegasi negara-negara anggota ILO,  termasuk Funes de Rioja (President ILC ) dan Guy Ryder (Direktur Jenderal ILO).

“Kita mendukung penyelenggaraan ILC ini sebagai sarana untuk meningkatkan komitmen dan kerjasama bidang ketenagakerjaan diantara sesama negara-negara anggota ILO,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta pada Minggu (8/6) sesaat sebelum berangkat ke Jenewa, Swiss.

Muhaimin mengatakan pertemuan-pertemuan dalam ILC yang digelar setiap tahun secara rutin ini melibatkan unsur tripartit dari masing-masing negara yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur asosiasi pengusaha dan unsur serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB).

“Sidang ILC ini didahului dengan pertemuan masing-masing unsur tripartit kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama untuk mencari terobosan solusi dalam menangani berbagai isu dan tantangan ketenagakerjaan yang tengah terjadi,” kata Muhaimin.

Pada Sidang ILC tahun ini, delegasi Indonesia yang dipimpin Menakertrans Muhaimin Iskandar mengirimkan delegasi untuk hadir dan aktif dalam pembahasan 4 (empat) komite yaitu , Komite Aplikasi Standar (Commite on the Application of Standards) dan  Komite Penyusunan Standar Ketenagakerjaan ILO Mengenai Kerja Paksa (Konvensi ILO No. 29) Sebagai Standar Pelengkap dari Konvensi ILO dimaksud (Commite on Suplementing the Forced Labour Convention, 1930 (No.29), Standard setting).

Hari ini, Muhaimin Terbang Ke Swiss Hadiri Sidang ILC ke 103 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menghadiri puncak acara Konferensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA