Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terinspirasi Amerika, Uni Eropa Bakal Perlakukan Rusia seperti Afghanistan

Senin, 09 Mei 2022 – 17:56 WIB
Terinspirasi Amerika, Uni Eropa Bakal Perlakukan Rusia seperti Afghanistan - JPNN.COM
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell saat menyampaikan pidato (ANTARA/Julien Warnand/Pool via Reuters/as)

jpnn.com, BRUSSELS - Uni Eropa (UE) harus mempertimbangkan penyitaan cadangan devisa Rusia yang dibekukan untuk membantu mendanai pembangunan kembali Ukraina pascaperang. 

Hal itu disampaikan kepala kebijakan UE Josep Borrell saat wawancara dengan Financial Times.

UE dan sekutu baratnya telah menahan cadangan devisa milik bank sentral Rusia sejak negara itu mulai menggempur Ukraina. Moskow menyebut aksinya sebagai "operasi militer khusus".

Borrell mengatakan bahwa langkah logis bagi Uni Eropa adalah melakukan apa yang telah dilakukan Amerika Serikat terhadap aset milik bank sentral Afghanistan setelah Taliban mengambil alih negara Asia tersebut.

"Kami mempunyai uang di kantong kami, dan seseorang harus menjelaskan kepada saya mengapa ini (perampasan aset) baik untuk dana Afghanistan dan tidak baik untuk dana Rusia," kata Borrell.

Washington membekukan dana Afghanistan setelah pengambilalihan militer oleh Taliban.

AS berencana menggunakan sejumlah dana tersebut untuk membantu warga Afghanistan dan sisanya untuk memenuhi kemungkinan tuntutan hukum terkait terorisme terhadap kelompok ekstremis. (ant/dil/jpnn)

Upaya memiskinkan Rusia terus berlanjut. Terbaru, petinggi Uni Eropa melontarkan wacana menyita cadangan devisa negara tersebut demi Ukraina

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close