Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terjadi Pembakaran Al-Qur’an di Swedia, Saran HNW agar Umat Islam Tak Terprovokasi Islamofobia

Senin, 23 Januari 2023 – 13:48 WIB
Terjadi Pembakaran Al-Qur’an di Swedia, Saran HNW agar Umat Islam Tak Terprovokasi Islamofobia - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengutuk keras aksi islamofobia berupa pembakaran Al-Qur;an di Swedia. Foto: Humas MPR

jpnn.com - JAKARTA –Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengutuk keras aksi pembakaran Al-Qur’an di Swedia yang dilakukan politikus ekstrimis Rasmus Paludan.

Hidayat juga mendukung sikap keras Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri yang secara terbuka menyatakan penolakan kerasnya, serta berharap agar sikap tegas tersebut dibawa ke forum Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Namun, HNW berharap Kementerian Luar Negeri RI tidak berhenti hanya dengan mengutuk aksi pembakaran Al-Qur’an yang merupakan tindakan ekstrim, intoleran, radikal dan bentuk nyata dari islamofobia yang dapat menciptakan kegaduhan.

Aksi pembakaran Al-Qur’an tersebut, menurut Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, bisa menggangu hubungan di banyak negara.

Bisa mengganggu hubungan timbal balik Swedia dengan negara-negara OKI maupun komunitas umat Islam.

“Al-Qur’an adalah kitab yang disucikan oleh seluruh Umat Islam di seluruh dunia. Karena itu, Pemerintah RI perlu lebih serius lagi menggalang sikap kebersamaan di forum OKI, agar gelombang penolakan terhadap tindakan intoleran, ekstrim dan islamofobia tersebut semakin besar dan semakin dapat mengkoreksi dan menghentikan,” ujar HNW melalui siaran pers di Jakarta, Senin (23/1).

Menurut HNW, sudah saatnya OKI yang beranggotakan 57 negara, bersatu mengutuk, menolak dan menghentikan aksi pembakaran Al-Qur’an oleh ekstrimis garis keras Swedia, Rasmus Paludan, yang sepertinya dibiarkan oleh pemerintah Swedia dengan alasan kebebasan berekspresi.

Padahal, lanjut HNW, bila kebebasan berekspresi itu terkait dengan hak asasi manusia, maka berbagai putusan pengadilan HAM Eropa tegas membedakan antara kebebasan berekspresi dan menghina ajaran agama orang lain.

Islamofobia: Terjadi pembakaran Al-Qur’an di Swedia yang dilakukan politikus ekstrimis Rasmus Paludan. Simak reaksi keras Hidayat Nur Wahid atau HNW.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close