Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terkena Imbas Pandemi Corona, Begini Nasib Karyawan Lion Air

Rabu, 20 Mei 2020 – 19:01 WIB
Terkena Imbas Pandemi Corona, Begini Nasib Karyawan Lion Air - JPNN.COM
Maskapai Lion Air. Foto dok Lion Air

jpnn.com, JAKARTA - Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air) dan anggota afiliasi lainnya tengah berada di masa sulit dan menantang atas kondisi yang tercipta akibat Covid-19.

Kondisi itu memberikan dampak luar biasa, termasuk situasi yang penuh ketidakpastian.

Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan tahun ini pandemi Covid-19 membuat industri penerbangan mati suri atau tidak beroperasi normal secara domestik dan internasional.

"Sementara, biaya-biaya yang harus ditanggung tanpa beroperasi masih cukup besar, sehingga menimbulkan kesulitan yang sangat berat," kata Danang dalam keterangannya, Rabu (20/5).

Menurutnya, hal tersebut juga dialami oleh Lion Air Group. Danang menuturkan, keadaan yang terjadi mendorong manajemen perusahaan-perusahan penerbangan mengambil langkah-langkah yang dianggap bisa mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, termasuk tindakan atau kebijakan yang tidak disukai atau yang tidak populis.

Menurut Danang, anggota Lion Air Group memutuskan kebijakan-kebijakan yang dinilai bisa mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Dia menjelaskan dalam upaya menjaga kelangsungan dimaksud, pada kondisi pendapatan yang sangat minimal karena terjadi pembatasan perjalanan dalam hal ini hanya beroperasi 5 persen dari kapasitas normal sebelumnya rata-rata 1.000 penerbangan per hari, Lion Air Group melakukan pembicaraan dengan mitra-mitra usaha.

"Serta melakukan pemotongan penghasilan seluruh manajemen dan karyawan dengan nilai persentase bervariasi, makin besar penghasilan makin besar nilai nominal potongannya," kata dia.

Lion Air Group mengalami masalah keuangan dan memengaruhi kehidupan para karyawan selama pesawat tidak beroperasi di masa pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close