Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tersangka Korupsi LPD di Jembrana Ditahan Jaksa, Lihat Penampilannya

Senin, 22 April 2024 – 20:06 WIB
Tersangka Korupsi LPD di Jembrana Ditahan Jaksa, Lihat Penampilannya - JPNN.COM
Penyidik Kejaksaan Negeri Jembrana menggiring tersangka NKP (46) yang menjabat sebagai kasir sekaligus bendahara LPD Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin (22/4/2024). ANTARA/Gembong Ismadi

jpnn.com, JEMBRANA - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana, Bali menahan tersangka korupsi dana Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Baluk, Kecamatan Negara, dengan kerugian lebih dari Rp 1,2 miliar.

Kajari Jembrana Salomina Meyke Saliama menyebut tersangka NKP (46), kasir sekaligus bendahara LPD Baluk juga langsung ditahan selama 20 hari ke depan.

"Penyidik memutuskan melakukan penahanan karena khawatir tersangka melarikan diri," kata dia didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus Putu Andy Sutadharma dan Kepala Seksi Intelijen Fajar Said.

Dia mengatakan ada beberapa cara tersangka mengeruk dana dari lembaga keuangan desa adat tersebut, seperti menarik tabungan nasabah tanpa sepengetahuan nasabahnya.

Tersangka juga menarik uang dengan jumlah yang lebih besar dibanding yang ditarik nasabah, serta tidak menyetorkan tabungan nasabah ke kas LPD.

Dalam menjalankan aksinya ini, NKP melakukannya bersama IPAYA dan INW, yang keduanya merupakan petugas penarik tabungan ke masyarakat Desa Adat Baluk, Kecamatan Negara.

"Untuk IPAYA tidak dilakukan upaya hukum lebih lanjut karena yang bersangkutan meninggal dunia. Sedangkan INW statusnya masih sebagai saksi dan kami periksa lebih lanjut," katanya.

Dari pemeriksaan terhadap NKP, dia melakukan tindakan yang merugikan LPD Baluk sejak tahun 2019. Untuk menutupi perbuatan, tersangka membuat kwitansi-kwitansi palsu terkait uang masuk dan keluar.

Tersangka kasus korupsi LPB di Jembrana ini langsung ditahan penyidik kejaksaan. Begini modus pelaku menilap uang anggota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close