Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tes CAT CPNS Gunakan Sistem UNBK

Sabtu, 29 September 2018 – 06:21 WIB
Tes CAT CPNS Gunakan Sistem UNBK - JPNN.COM
Petugas pengawas tes CPNS. Foto: Humas BKN

jpnn.com, JAKARTA - Pemanfaatan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kemendikbud, diharapkan bisa memudahkan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 menggunakan computer assisted test (CAT).

Ini agar bisa lebih mendekatkan peserta dengan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di beberapa kabupaten/kota. Sehingga memudahkan dan meringankan beban peserta tes CPNS, khususnya pembiayaan terkait transportasi.

"Kami berkolaborasi untuk membangun sistem itu. Sehingga sekarang ini tes bisa dilakukan di semua kabupaten/kota," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Jakarta, Jumat (28/9).

Dia menambahkan, saat ini kapasitas lebar pita (bandwith) untuk pendaftaran dan pelaksanaan telah diperbesar. "Tadi malam sudah dibesarkan empat sampai lima kali lipat. Jadi tidak akan masalah. Untuk Dukcapil kami lebarkan jadi 10 megabit per detik. Dan untuk SSCN dari 2 gigabit menjadi 4 gigabit," kata Bima.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan, saat ini hampir tidak ada kabupaten/kota di Indonesia yang tidak terjangkau jaringan Kemendikbud. Selain jaringan, Kemendikbud juga berperan dalam penyediaan soal-soal yang digunakan untuk seleksi.

"Tinggal nanti ada modifikasi saja. Selama ini kan dipakai untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer, kemudian nanti dipakai untuk tes CPNS," ujarnya.

Secepatnya, Kemendikbud akan membuat pengaturan tentang pengorganisasian pelaksanaan seleksi CPNS 2018 menggunakan UNBK, menyusun Prosedur Operasional Standar (POS) dan Pakta Integritas. Di samping menyesuaikan aplikasi UNBK terkait manajemen data peserta, bank soal, pengolahan hasil seleksi dengan CAT BKN, membuat penjadwalan pelaksanaan SKD dan SKB menggunakan UNBK, menyampaikan bahan pelatihan aplikasi UNBK bagi koordinator, proktor dan teknisi di kabupaten/kota.

"Juga melakukan pemantauan dan pengendalian atas pelaksanaan seleksi CPNS 2018 dengan UNBK," tandasnya. (esy/jpnn)

Pelaksanaan seleksi CPNS menggunakan CAT memanfaatkan sistem UNBK milik Kemendikbud.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close