Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tetap Lancar Puasa meski Sakit

Jumat, 04 Juli 2014 – 02:12 WIB
Tetap Lancar Puasa meski Sakit - JPNN.COM

jpnn.com - PUASA Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Meski ada kelonggaran bagi yang sakit, banyak yang tetap ingin berpuasa. Asal pola makan dijaga, puasa bisa terlaksana dengan lancar.  

*****

Pengidap sakit tertentu memang bisa mengganti puasa yang ditinggalkan selama Ramadan di bulan lain atau membayar fidiah. Meski demikian, tidak sedikit yang merasa sayang meninggalkan puasa Ramadan.

Menurut Dr dr Gunawan Widodo SpPD FINASIM, umat Islam memang wajib berpuasa. Tetapi, ada kalangan yang sebaiknya tidak berpuasa. Di antaranya, orang yang dalam pengaruh dan harus mengonsumsi obat berupa pil atau suntik. Menurut Kepala Instalasi Hemodialisis RSU Haji Surabaya tersebut, boleh tidaknya pasien berpuasa dilihat dari tingkat keparahan sakitnya.

’’Sebagai seorang dokter, kami mewajibkan semua pasien untuk berpuasa. Kami bukan Tuhan yang bisa melarang,’’ ujarnya. Itulah mengapa, buat Gunawan, hubungan medis dan Tuhan sangat erat.

Berdasar pengalamannya, kata Gunawan, sejak dulu banyak pasien yang rutin menjalani hemodialisis atau cuci darah tetap berpuasa Ramadan. Kebanyakan tidak berpuasa hanya saat cuci darah. ’’Alhamdulillah, banyak yang kuat karena niatnya,’’ ungkapnya.

Namun, hal itu berbanding terbalik dengan kondisi orang yang mempunyai sakit mag. Gunawan bercerita, banyak orang yang mengeluhkan hal tersebut. Apa orang yang punya sakit mag boleh menjalankan puasa? Apa nanti pas puasa, lambungnya nggaksakit? Sekali lagi, Gunawan menekankan, selama niat untuk berpuasa kuat, pengidap sakit mag pun boleh menjalankan puasa.

Sakit mag dalam bahasa medis sering disebut juga sebagai dispepsia. Berdasar keluhannya, dispepsia dibedakan menjadi empat. Yakni, muntah-muntah, sebah, perut seperti ditusuk, dan yang terakhir campuran ketiganya.

PUASA Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Meski ada kelonggaran bagi yang sakit, banyak yang tetap ingin berpuasa. Asal pola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA