Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiba di Batam, Puluhan ABK KM Kelud Langsung Dikarantina di RS Galang

Senin, 13 April 2020 – 16:33 WIB
Tiba di Batam, Puluhan ABK KM Kelud Langsung Dikarantina di RS Galang - JPNN.COM
KM Kelud milik PT Pelni ketika bersandar di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, BATAM - Puluhan ABK KM Kelud dari Jakarta yang tiba di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepri, Minggu (12/4) langsung dikarantina di rumah sakit khusus infeksi di Pulau Galang.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam Achmad Farchanny, Senin, menyatakan berdasarkan hasil akhir penelusuran kontak dan pemeriksaan rapid test pada 94 orang petugas Kelud, sebanyak 40 orang di antaranya reaktif.

Dari 40 orang itu, satu di antaranya berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP Corona, yang langsung dirujuk ke RSBP. Sedang 39 orang lainnya berstatus orang tanpa gejala (OTG)

"OTG reaktif 39 orang, diobservasi di RS Pulau Galang," kata dia.

Lalu, sebanyak 54 orang lainnya tanpa gejala dengan RDT nonreaktif, dapat melanjutkan perjalanan dan pemantauan lebih lanjut di tujuan akhir, Kota Medan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyatakan OTG KM Kelud yang berada di Pulau Galang untuk menjalani karantina.

"Mereka dikarantina, rapid-nya reaktif," kata dia.

Sementara itu, Pelni membatalkan pelayaran KM Kelud yang mestinya membawa 351 penumpang dari Batam dan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau menuju Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro membenarkan, sebanyak 40 orang kru harus menjalani karantina di Batam, setelah seorang ABK berstatus PDP Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close