Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiga Tips Ini Ampuh Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Senin, 10 April 2023 – 19:34 WIB
Tiga Tips Ini Ampuh Jaga Kesehatan Selama Berpuasa - JPNN.COM
Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition Susan Bowerman membagikan tips menjaga kesehatan selama berpuasa. Foto dok. Herbalife Nutrition

jpnn.com, JAKARTA - Puasa Ramadan menjadi ibadah yang dilaksanakan selama sebulan penuh oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam juga disertai melaksanakan ibadah tarawih dan berbagai ketaatan lainnya di malam harinya.

"Berpuasa tetap sehat dengan menjaga asupan makanan dan nutrisi yang baik," kata Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition Susan Bowerman dalam keterangannya, Senin (10/4).

Dia menjelaskan menjaga kebutuhan nutrisi yang baik selama Ramadan dapat membantu menghindari beberapa efek samping umum dari puasa, seperti pusing atau dehidrasi, dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk melewati hari. 

Susan juga membagikan tiga tips untuk Ramadan yang sehat. Pertama, tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini karena minum air sangat penting untuk tetap sehat. 

Asupan cairan memungkinkan sebagai transportasi nutrisi, eliminasi produk limbah, regulasi dan pemeliharaan suhu tubuh, pemeliharaan sirkulasi dan tekanan darah, pelumasan sendi dan jaringan tubuh serta fasilitasi pencernaan.

"Untuk memastikan bahwa Anda minum cukup air sepanjang malam, delapan gelas air dapat didistribusikan menggunakan metode 2-4-2 antara lain dua gelas saat makan berbuka puasa, empat gelas dari setelah berbuka hingga waktu tidur, dan dua gelas selama makan sahur," tuturnya.

Kedua, dengan memilih makanan sederhana yang kaya nutrisi. Karena makanan manis yang mengandung tinggi gula dan lemak untuk berbuka puasa bukan pilihan terbaik. Jenis makanan tersebut tidak hanya penuh dengan kalori kosong, tetapi mungkin menggoda untuk berlebihan.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition Susan Bowerman membagikan tips menjaga kesehatan selama berpuasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close