Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Timnas AMIN Usulkan 2 Debat Tambahan, Apa Prabowo-Gibran Bakal Nyaman?

Minggu, 03 Desember 2023 – 21:21 WIB
Timnas AMIN Usulkan 2 Debat Tambahan, Apa Prabowo-Gibran Bakal Nyaman? - JPNN.COM
Tiga pasang capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumi Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperlihatkan nomor urut masing-masing sebagai kontestan Pilpres 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa malam (14/11/2023) di Jakarta. Hasilnya ialah Anies-Muhaimin bernomor 1, Prabowo-Gibran bernomor 2, sedangkan Ganjar-Mahfud bernomor 3. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kubu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN merespons tuduhan yang menyebutnya sebagai biang peniadaan debat atau sawala cawapres kontestan Pilpres 2024.

Co-Captain Timnas AMIN Nihayatul Wafiroh menyebut ide peniadaan debat cawapres itu datang dari kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Nihayatul menuturkan dirinya mewakili kubu AMIN pada focus group discussion (FGD) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu lalu (29/11/2023). Dalam rapat itu, masing-masing perwakilan kontestan pilpres menyampaikan pendapat mereka soal debat capres.

“Kami mencatat usulan dari Tim Paslon No 2 (Prabowo-Gibran, red) agar format debat hanya berupa pemaparan dan pendalaman dokumen visi misi saja,” ujar Nihayatul melalui siaran pers, Minggu (3/12/2023).

Merujuk usul dari kubu Prabowo-Gibran dalam FGD itu, Nihayatul menyebut format debat hanya melibatkan tanya jawab antara paslon dengan moderator dan panelis. Dengan demikian, debat itu menghilangkan sanggahan antarpaslon secara keseluruhan.

“Menurut Tim Paslon 2, debat dengan model saling menanggapi antar-paslon akan menghabiskan banyak waktu tanpa ada kesempatan menjelaskan visi dan misi masing-masing paslon,” imbuh Nihayatul.

Kubu AMIN pun langsung menolak usul dari perwakilan Prabowo-Gibran itu. Menurut Nihayatul, jika usul itu disetujui, pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon akan terbatas.

Selain itu, kubu AMIN juga punya alasan lain dalam penolakannya. “Terkesan ingin memberikan kenyamanan berlebih pada paslon tertentu,” imbuhnya.

Kubu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN merespons tuduhan yang menyebutnya sebagai biang peniadaan debat atau sawala cawapres kontestan Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close