Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tindaklanjuti Diplomasi di AS, Bank Dunia Temui Gubernur Bali

Rabu, 29 Maret 2023 – 23:47 WIB
Tindaklanjuti Diplomasi di AS, Bank Dunia Temui Gubernur Bali - JPNN.COM
Gubernur Bali Wayan Koster. Foto: Radar Bali/JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Bank Dunia melalui Kepala Perwakilan Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen menemui Gubernur Bali Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar, Bali, Rabu (29/3).

Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil diplomasi internasional gubernur Bali dengan Global Director, Infrastructure Finance, PPPs and Guarantees Global Practice, World Bank, Imad N Fakhoury di gedung World Bank Group, Washington DC, Amerika Serikat pada 15 Maret 2023.

Gubernur Bali menyatakan ada beberapa program prioritas yang dirancang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali berkaitan dengan infrastruktur dan transportasi ramah lingkungan.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Bali Mandiri Energi dengan Energi Bersih dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Berikutnya, Pemprov Bali juga sedang merancang program Kereta Api LRT. Dari program tersebut, ada pula program yang belum terakomodasi, yakni Jalan Lingkar Bali atau Kereta Lingkar Bali, pelabuhan dan dermaga untuk mendukung pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Bali.

“Itu yang menjadi prioritas dan saya berharap kepada Bank Dunia bisa mendukung program ini, seperti halnya Jalan By Pass dari Gianyar ke Kusamba, Klungkung mendapat bantuan hibah dari Australia. Jadi, program yang sangat-sangat prioritas tersebut ingin Saya lanjutkan menjadi program infrastruktur keliling Bali,” kata Koster dalam keterangannya.

Ia menambahkan Bali yang memiliki wilayah yang kecil dengan satu kota dan delapan kabupaten, sebenarnya tidak menginginkan program mass transit untuk Kota Denpasar dan Kabupaten Badung saja. Namun, ia menyatakan pihaknya memerlukan transportasi yang mengoneksi semua kabupaten/kota di Bali.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi kemacetan yang bersumber di Denpasar dan di Badung akibat banyaknya pekerja dari luar Denpasar dan Badung seperti Jembrana, Buleleng, hingga Karangasem.

Bank Dunia melalui Kepala Perwakilan Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen menemui Gubernur Bali Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar, Bali, Rabu (29/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close