Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tinggalkan Australia Demi Cinta Dan Peluang Kerja

Selasa, 24 Juli 2018 – 10:00 WIB
Tinggalkan Australia Demi Cinta Dan Peluang Kerja - JPNN.COM

Dua perempuan Indonesia ini sama-sama berkarir di bidang arsitektur-interior di Sydney. Bertahun-tahun mengadu nasib di Australia dan menjadi penduduk tetap, keduanya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia mencoba peruntungan yang lebih baik.

Gagap budaya turut mewarnai perjalanan keduanya ketika kembali pulang. Indonesia dan Australia memberi mereka pengalaman profesional yang berbeda.

Baru setahun Carla Novia kembali ke Indonesia, setelah menjalani karir di Sydney sebagai desainer interior selama kurang lebih 4 tahun.

Sebelum kembali ke Indonesia, Carla menetap di Australia selama 8 tahun, dan telah menyandang status penduduk tetap atau permanent resident (PR) sejak tahun 2001.

Serupa dengan Carla, Vanessa Intan juga berkarir di bidang arsitektur-interior.

Sudah hampir dua tahun ia kembali ke Indonesia. Vanessa juga berstatus PR Australia dan telah menetap di negara itu selama 10 tahun.

Nurina Savitri dari ABC berbincang dengan keduanya tentang alasan di balik kepulangan mereka dan ekspektasi yang mereka bawa ketika pulang ke Indonesia.

Data terbaru dari Biro Statistik Australia menunjukkan bahwa di tahun 2017 hampir 85.000 orang meninggalkan Australia, jumlah ini 9.000 lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA