Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan LPI, Menhub: Perlu Adanya Elaborasi antara Pemerintah dan Swasta

Kamis, 17 Oktober 2019 – 18:21 WIB
Tingkatkan LPI, Menhub: Perlu Adanya Elaborasi antara Pemerintah dan Swasta - JPNN.COM
Menhub Budi Karya Sumadi saat diwawancarai awak media. Foto: BKIP Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Logistik Performance Index (LPI) Indonesia tahun ini menempati peringkat 46. Angka ini mengalami kenaikan dari dua tahun sebelumnya di mana tingkat LPI Indonesia menempati posisi 63. Guna mempertahankan dan meningkatkan LPI Indonesia, pemerintah dan pelaku usaha harus saling bersinergi dan melakukan elaborasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kenaikan indeks LPI sangat berarti bagi Indonesia. “Pertanyaannya, apakah kita mampu melakukan peningkatan kemampuan itu? Karena Bapak Presiden menginginkan upaya-upaya kita untuk meningkatkan pertumbuhan dengan mendorong investasi dan mendukung kegiatan ekspor,” tutur Menhub dalam siaran tertulisnya, Kamis (17/10).

Oleh karenanya, lanjut Menhub, ada satu keharusan bahu-membahu antara pemerintah dengan swasta dalam hal ini Kadin untuk melakukan elaborasi dan melakukan dukungan. “Kami mengajak Kadin serta Asosiasi yang ada di Kadin untuk bersama-sama meningkatkan efektivitas tersebut,” ujarnya.

Menhub menyatakan, Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan pada investor, baik secara regulasi maupun pelayanan untuk terus mendorong investasi dan kegiatan ekspor agar semakin meningkat. Menhub juga meminta Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk mengawal dan mengoptimalkan kegiatan distribusi logistik.

“Pemerintah jelas akan memberikan suatu kemudahan perizinan dalam konteks upaya memberikan kesempatan swasta untuk melakukan kegiatan pada barang milik negara. Kementerian Perhubungan ini sudah memberikan kerja sama bahkan melakukan kolaborasi dengan operator dunia,” ucap Menhub.

Dijelaskan Menhub saat ini pemerintah telah berupaya untuk memberikan kemudahan-kemudahan berusaha dan berinvestasi bagi sektor swasta dalam berbagai hal.

“Memberikan kemudahan untuk mendapatkan kawasan industri, mengadakan infrastruktur, memberikan kemudahan-kemudahan fiskal, memberikan kemudahan pada saat masuk dan keluar pelabuhan, dan sebagainya. Saya minta kepada Pak Dirjen untuk kita harus kawal satu-satu, apa yang kurang kita perbaiki, dan apa yang belum maksimal kita maksimalkan,” pungkasnya.(mg7/jpnn)

Guna mempertahankan dan meningkatkan LPI Indonesia, pemerintah dan pelaku usaha harus saling bersinergi dan melakukan elaborasi.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close