Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub Budi Karya Ungkap Transportasi Masa depan di Indonesia

Jumat, 09 Agustus 2024 – 20:01 WIB
Menhub Budi Karya Ungkap Transportasi Masa depan di Indonesia - JPNN.COM
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan kendaraan otonom berbasis teknologi akan menjadi pilar utama dalam sistem transportasi di masa mendatang. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kendaraan otonom berbasis teknologi akan menjadi pilar utama dalam sistem transportasi di masa mendatang.

Dia pun mengimbau seluruh pihak mempersiapkan diri untuk penggunaan kendaraan otonom sebagai transportasi massal.

"Di IKN nanti akan ada trem otonom atau ART (Autonomous Rail Transit), selain itu juga ada LRT Jabodebek, Skytrain Soekarno-Hatta. Di masa depan, kendaraan otonom akan menjadi pilar utama dalam sistem transportasi kita," kata Menhub di sela acara Indonesia Electric Motor Show 2024 yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8).

Dia menambahkan transformasi transportasi di era digital akan semakin dipengaruhi oleh teknologi otonomus.

"Kami telah melihat inovasi-inovasi yang mengadopsi teknologi otonom pada berbagai tingkat di Indonesia," ujarnya.

Dia menilai kehadiran kendaraan otonom dan kendaraan listrik berteknologi canggih sangat baik untuk merangsang terjadinya kemajuan teknologi transportasi tanah air.

Oleh karena itu seluruh pihak perlu mempersiapkan diri dengan hadirnya kendaraan otonom.

Kemenhub sendiri tengah mengembangkan peraturan terkait penyelenggaraan trem otonom, yang meliputi berbagai aspek mulai dari sarana prasarana, manajemen lalu lintas, hingga sumber daya manusia dan aspek pembiayaan.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan kendaraan otonom berbasis teknologi akan menjadi pilar utama dalam sistem transportasi di masa mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA