Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan Motivasi Bisnis dan Jejaring Bagi Petani Milenial

Kamis, 28 April 2022 – 15:55 WIB
Tingkatkan Motivasi Bisnis dan Jejaring Bagi Petani Milenial - JPNN.COM
Pelatihan motivasi bisnis dan jejaring usaha untuk Business Development Service Provider (BDSP). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANJARMASIN - Dalam upaya mempercepat regenerasi petani di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kementerian Pertanian (Kementan) memaksimalkan peran SMK PP Negeri Banjarbaru sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalsel dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial.

“Menggunakan kreativitas dan inovasinya. Sehingga, pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor,” ujar Dedi.

Guna terus mencetak generasi muda bidang pertanian terutama di Kalimantan Selatan, SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku pelaksana Program Yess di Kalimantan Selatan menggelar pelatihan motivasi bisnis dan jejaring usaha untuk Business Development Service Provider (BDSP).

Kegiatan yang digelar di Hotel Best Western, Banjarmasin selama dua hari terhitung sejak Kamis (21/4), untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para calon pelatih kegiatan di wilayah BDSP masing-masing.

Peserta kali ini berasal dari MOT PPIU Kalsel, BDSP (BPP), PLUT, Dinas Koperasi Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu, serta BLK Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso menjelaskan perlu lompatan yang luar biasa untuk regenerasi petani, dan Kementerian Pertanian tidak dapat bekerja sendiri, tetapi perlu disupport dari berbagai pihak dan semua komponen.

“Regenerasi petani ini harus nampak, oleh sebab itu petani harus bisa berbisnis, dan kemudian bisa sejahtera dengan penghasilan melalui usaha tani yang dijalankan,” kata Budi.

Sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial, menggunakan kreativitas dan inovasi sehingga bidang ini ke depannya menjadi modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close