Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan Produksi Padi, Pemprov Sumsel Segera Optimalisasi Lahan Rawa

Minggu, 26 Mei 2024 – 20:23 WIB
Tingkatkan Produksi Padi, Pemprov Sumsel Segera Optimalisasi Lahan Rawa - JPNN.COM
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera mengoptimalisasi lahan rawa seluas 98.400 hektar pada semester I 2024. Foto: dok source for JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera mengoptimalisasi lahan rawa seluas 98.400 hektar pada semester I 2024.

Angka tersebut merupakan bagian dari target pemerintah pusat seluas 400.000 hektar di Indonesia.

Optimalisasi lahan (opla) rawa itu pada semester I di Sumsel akan dialokasikan di lima Kabupaten di antaranya Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Muara Enim, dan Kabupaten Banyuasin. 

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumsel menargetkan seluas 101.600 hektar lagi pada semester II.

Sehingga total optimalisasi lahan rawa di Sumsel sejumlah 200.00 hektar.

Penambahan luas lahan itu bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan rawa dengan fokus kegiatan penyiapan lahan dan pembangunan/rehab konstruksi yang dapat menata air.

Hal tersebut dibutuhkan untuk kegiatan penanaman, sehingga setelah kegiatan ini selesai intensitas pertanaman dan produktivitas padi di Sumsel akan meningkat. 

Diketahui, produksi padi Sumsel 2023 sebesar 2.832.774 Gabah Kering Giling (GKG), sedangkan untuk 2024 ditargetkan produksi padi akan menjadi 3.103.481 ton GKG.

Angka tersebut diharapkan terus meningkat setiap tahunnya sebagaimana tiga tahun terakhir produksi dan produktivitas padi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera mengoptimalisasi lahan rawa seluas 98.400 hektar pada semester I 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close