Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tinjau Ulang Kebijakan Pasar Bebas

Ginandjar : Neoliberalisme Banyak Gagal

Selasa, 14 Oktober 2008 – 17:50 WIB
Tinjau Ulang Kebijakan Pasar Bebas - JPNN.COM
JAKARTA – Ketua DPD RI Ginandjar Kartasasmita meminta pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan ekonomi pasar bebas atau neo liberal yang dinilai telah gagal sehingga mengakibatkan krisis global. “Ternyata kebijakan ekonomi pasar bebas atau neo liberal dianggap banyak negara telah gagal sehingga mengakibatkan krisis global. Untuk itu, kita meminta pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan pasar bebas itu,” tegas Ginandjar kepada wartawan di Gedung DPD/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (14/10).

Menurut Ginandjar, sudah saatnya pemerintah memperkuat ekonomi nasional dan pasar domestik. Jangan lagi menjual perusahaan-perusahaan nasional ke asing. “Bila perlu segera nasionalisasi perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Terbukti di beberapa yang tidak menerapkan pasar bebas, krisis yang dihadapinya tidak signifikan,” ulasnya.

Ginandjar yang juga mantan Menko Ekuin dan Ketua Bappenas itu mengingatkan pemerintah agar tidak menganggap enteng krisis keuangan global yang turut dirasakan eksesnya oleh Indonesia. Menurut dia, yang terjadi sekarang baru awal dari krisis yang kemungkinan besar puncaknya terjadi tahun depan.

“Antisipsai pemerintah saat ini sudah cukup tepat. Tetapi masyarakat hendaknya juga diberi kesadaran bahwa kondisi ini adalah kondisi krisis, jangan ditutup-tutupi. Yang perlu adalah kerjasama antar semua pihak untuk menanggulanginya,” sarannya.

JAKARTA – Ketua DPD RI Ginandjar Kartasasmita meminta pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan ekonomi pasar bebas atau neo liberal yang dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA