Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Bakal Gelar Latihan Militer di Perbatasan Taiwan

Selasa, 27 Agustus 2019 – 23:51 WIB
Tiongkok Bakal Gelar Latihan Militer di Perbatasan Taiwan - JPNN.COM
Tentara Tiongkok bakal diterjunkan untuk mengamankan demonstrasi di Hong Kong. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Hubungan Tiongkok dan Taiwan makin tegang usai Negara Tirai Bambu ini memutuskan tetap menggelar rencana latihan militer di Laut China Timur.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (27/8), latihan tersebut akan menjadi rangkaian ketiga bulan ini setelah Taiwan dan AS melakukan penjualan senjata bernilai miliaran, termasuk jet tempur F-16.

Berdasarkan pemberitahuan Administrasi Keselamatan Maritim Zhejiang, kapal-kapal akan dilarang masuk perairan lepas pantai Provinsi Zhejiang selama 48 jam, terhitung sejak pukul 18.00 waktu setempat Selasa ini.

Meski tidak ada informasi rincian skala latihan maupun unit militer yang terlibat, namun pada akhir Juli lalu, People's Liberation Army (PLA) telah melakukan dua latihan militer skala besar dekat Selat Taiwan. Sementara menurut koran pemerintah Tiongkok, Global Times, latihan militer kali ini disebut 'latihan tembakan langsung'.

Diketahui hubungan Tiongkok dan Taiwan merenggang sejak terpilihnya Presiden Republik Tiongkok (Taiwan), Tsai Ing-wen pada tahun 2016. Tsai merupakan politisi dari Partai Progresif yang menolak gagasan Taiwan bagian dari 'Satu Tiongkok'.

Peneliti kebijakan luar negeri Tiongkok dari Universitas Macquarie, Adam Ni mengatakan lattihan militer yang dilakukan kali ini memiliki agenda besar.

"Idenya (tidak sekadar) untuk mempersiapkan konflik dengan lebih baik, tapi juga menghalangi Taiwan menempuh kemerdekaan, sekaligus menggagalkan intervensi AS jika konflik Tiongkok dan Taiwan pecah," ujar Ni. (rmol/jpnn)

Hubungan Tiongkok dan pulau otonominya, Taiwan makin tegang usai Negara Tirai Bambu ini memutuskan tetap menggelar rencana latihan militer di Laut China Timur

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Nilai Wong

    Sabtu, 20 April 2024 – 14:24 WIB
    Nilai Wong - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Fokus Tiga

    Minggu, 14 April 2024 – 07:09 WIB
    Fokus Tiga - JPNN.com
  • Makro

    Ramalan Ekonomi ADB untuk Kawasan Asia Pasifik, India Oke tetapi Tingkok, Aduh!

    Jumat, 12 April 2024 – 06:23 WIB
    Ramalan Ekonomi ADB untuk Kawasan Asia Pasifik, India Oke tetapi Tingkok, Aduh! - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Pula Bowa

    Kamis, 11 April 2024 – 07:47 WIB
    Pula Bowa - JPNN.com
X Close