Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tiongkok Minati Tol Balikpapan-Samarinda

Minggu, 17 Oktober 2010 – 19:14 WIB
Tiongkok Minati Tol Balikpapan-Samarinda - JPNN.COM
SAMARINDA- Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyebutkan, banyak investor yang berminat pada pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Namun, dia baru menyebutkan dua negara asal investor tersebut, yakni, India dan Tiongkok. Lainnya, dia masih enggan membeber dari mana saja para investor tersebut. Alasannya, sekarang masih dalam tahap lelang para kontraktor yang akan mengerjakan proyek besar tersebut.

“Investornya mulai banyak, tapi ‘kan belum waktunya (disebutkan),” kata Awang Faroek. Dia menjelaskan, para pengusaha yang berminat untuk mengerjalan jalan itu tak hanya dalam negeri, tapi juga banyak dari luar negeri. Terbaru, kata dia, saat Awang dan jajarannya berkunjung ke Tiongkok dalam rangka menghadiri Shanghai Ekspo 2010.

Saat itu, jelas dia, dirinya sempat bertemu dengan investor yang berminat pada pembangunan jalan yang akan menghubungkan dua kota utama di Kaltim tersebut.   Dua investor yang tertarik dari Tiongkok dan India. Di samping itu, sebelumnya juga sudah ada beberapa investor dalam negeri dan luar negeri.

Menurut Awang jumlah investor yang berminat lebih dari lima perusahaan.

Menurutnya, soal proyek jalan tol, Indonesia harus banyak belajar dari Tiongkok. Karena, di Negeri Tirai Bambu itu, pemerintah setempat sudah membangun jalan tol hingga 80 ribu kilometer. “Kita di Indonesia masih berapa kilometer saja kan?” tuturnya.

loading...