Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tip Menjaga Data Pribadi agar Tidak Disalahgunakan Orang Lain

Rabu, 20 Maret 2024 – 12:20 WIB
Tip Menjaga Data Pribadi agar Tidak Disalahgunakan Orang Lain - JPNN.COM
Mentor dari IBTI Maleo Techno Center, Nur Rina Maskayanti menjelaskan ada dua jenis data pribadi yang harus dilindungi. Foto: Dok Kemenkominfo.

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak masyarakat Palu Timur, Sulawesi Tengah, memahami esensi penting pilar keamanan digital. Data survei Indeks Literasi Digital Nasional berdasarkan Pilar tahun 2022, pilar ini memiliki angka paling kecil dibandingkan ketiga lainnya, yaitu di 3,12 dari skala 5.00.

“Masyarakat harus memahami empat pilar literasi digital utamanya mengenai keamanan digital agar aktivitas keluarga saat berinternet dapat dijalani dengan nyaman,” jelas Camat Palu Timur Rusdin saat kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital di Aula Kantor Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulteng, baru-baru ini.

Lebih lanjut Rusdin mengatakan bahwa digitalisasi sangat penting, termasuk buat ibu-ibu. Semua kegiatan sekarang ditunjang dengan adanya handphone yang mudah digunakan, seperti untuk berbelanja, berkomunikasi dengan saudara yang jauh, mengumpulkan ibu-ibu PKK dalam sebuah acara.

Pegiat literasi digital dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan Tular Nalar Yohanes Seto Prayogi memberikan peserta pemahaman melalui permainan. 

Peserta diminta menggambar sesuatu di punggung peserta lainnya.

Gambar tersebut harus diteruskan sampai ke beberapa peserta.

Hasilnya tidak satu pun peserta terakhir yang bisa menebak gambar asli.

Hal tersebut terjadi karena dalam menyampaikan informasi, setiap orang punya opini.

Mentor dari IBTI Maleo Techno Center, Nur Rina Maskayanti memberikan tip agar data pribadi tidak disalahgunakan orang lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close