Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Rabu, 03 November 2021 – 17:10 WIB
Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan - JPNN.COM
Berkendara saat musim hujan. Foto: ridha/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Musim penghujan mulai melanda sebagian besar wilayah. Jalan basah dan licin membuat pengendara harus lebih berhati-hati saat berkendara.

Kondisi tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara.

"Memasuki musim penghujan biasanya banyak terjadi kecelakaan. Jalan licin, rusak, ditambah lagi visibilitas yang tak baik dari dalam kabin, wajib diperhatikan selain kondisi teknis di kendaraan," ujar Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11).

"Oleh karena itu, pengendara harus menyiapkan kondisi terbaik baik fisik maupun kendaraan sebelum berkendara di musim hujan."

Berikut cara aman mengendarai mobil pada saat musim hujan:

1. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai anjuran pabrikan

Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. 

Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis sebaiknya diganti agar menghindari potensi aquaplaning (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

Musim penghujan mulai melanda sebagian besar wilayah. Jalan basah dan licin membuat pengendara harus lebih berhati-hati saat berkendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close