Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Titi Rajo Bintang Mendadak Bicara Soal Poligami, Ada Apa?

Senin, 17 Desember 2018 – 10:17 WIB
Titi Rajo Bintang Mendadak Bicara Soal Poligami, Ada Apa? - JPNN.COM
Titi Rajo Bintang. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Aktris Titi Rajo Bintang tidak setuju dengan poligami. Menurutnya, poligami memang diperbolehkan dalam Islam untuk tujuan mulia dengan beberapa syarat.

"Poligami memang dibolehkan dalam Alquran, dengan tujuan yang mulia," kata Titi Rajo Bintang dalam cuitannya di akun Twitter pribadinya, Sabtu (15/12).

Namun, lanjut Titi Rajo Bintang, menurut riset terbaru di Indonesia, poligami ternyata berdampak negatif bagi anak-anak. Hal itu sangat disayangkan oleh Titi.

Dia pun menginginkan adanya pengkajian ulang oleh merevisi UU Perkawinan Tahun 1974 yang menjadi celah praktik poligami di Indonesia.

UU Perkawinan yang dimaksud terdapat di Pasal 3 Ayat (2), yang mana pengadilan dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang apabila dikehendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

"Tapi kalau ternyata riset LBH (APIK) menunjukkan bahwa ternyata (poligami) ini berujung pada ketidakadilan dan membuat anak-anak jadi terlantar," ujar dia.

"Harus ada pengkajian ulang (UU Perkawinan). (Tetapi) tanpa mengabaikan ajaran agama tapi juga jangan jadi merendahkan manusia," tegas dia.

Isu poligami ini 'memanas' setelah Grace Natalie mengutip riset dari LBH APIK tentang poligami yang menyimpulkan bahwa pada umumnya, praktik poligami menyebabkan ketidakadilan: perempuan yang disakiti dan anak yang ditelantarkan.

Aktris Titi Rajo Bintang tidak setuju dengan poligami. Menurutnya, poligami memang diperbolehkan dalam Islam untuk tujuan mulia dengan beberapa syarat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close