Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Tangkap 2 Penyelundup 1.300 Ekor Burung Asal Kalimantan

Rabu, 15 Juni 2022 – 19:32 WIB
TNI AL Tangkap 2 Penyelundup 1.300 Ekor Burung Asal Kalimantan - JPNN.COM
Mayor Laut (S) Jagar Verno Jhodi Hutagaol menyerahkan barang bukti ke petugas BKSDA Kalsel. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan 1.300 ekor burung berbagai jenis asal Kalimantan ke Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak dua pelaku diringkus TNI AL. 

"Ada dua pelaku berinisial AF (51) dan AI (40) kami tangkap di lokasi jalur pengiriman di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut," kata Perwira Pelaksana Lanal Banjarmasin Mayor Laut (S) Jagar Verno Jhodi Hutagaol di Banjarmasin, Rabu (15/6). 

Keberhasilan pengungkapan itu berdasarkan informasi akurat Tim Intelijen Lanal Banjarmasin yang sebelumnya melaksanakan penyelidikan di lokasi.

Petugas mendeteksi adanya modus pelaku penyelundupan yang bergerak tengah malam atau dini hari menuju pantai menggunakan kapal kayu atau klotok melalui Sungai Tanjung Dewa, dan angkutan dibawa menuju kapal yang sudah menunggu di tengah laut.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko memerintahkan jajarannya agar segera membentuk dua tim untuk melaksanakan operasi keamanan laut di lokasi yang dicurigai.

Tim Lanal berada di Pantai Batakan mencurigai dua unit kendaraan melintas dan melaksanakan pengejaran. Satu unit kendaraan berupa pikap dihentikan, sementara satu unit lainnya kabur.

Selanjutnya, dilaksanakan pengecekan kepada pelaku dan penggeledahan muatan yang ditutup terpal. Tim menemukan muatan ratusan keranjang berisi burung berbagai jenis seperti beo, jalak nias, cucak ijo, kapas tembak, murai, teledekan, kacer, pleci, srindit, glatik, manyar dan lincang.

"Kedua pelaku mengaku sudah empat kali dengan modus yang sama melakukan pengiriman satwa jenis burung yang didapat di Kalsel dan Kalteng," jelas Jagar. Pelaku dan barang bukti diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel untuk proses hukum lebih lanjut.

Lanal Banjarmasin menggagalkan penyelundupan 1.300 ekor burung. Keberhasilan pengungkapan ini berdasarkan informasi akurat Tim Intelijen Lanal Banjarmasin. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close