Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI Evakuasi Korban Bermodal Semangat

Sabtu, 03 Oktober 2009 – 13:41 WIB
TNI Evakuasi Korban Bermodal Semangat - JPNN.COM
JAKARTA -- Tokoh masyarakat Minang di Jakarta, Mayjen TNI (purn) Asril Tandjung mengatakan, personil TNI merupakan unsur yang paling sigap tatkala terjadi bencana gempa seperti yang terjadi di wilayah Sumatera Barat. Para personil TNI itu tidak dibekali peralatan-peralatan yang layak untuk melakukan evakuasi korban, terutama korban yang tertindih bangunan-bangunan yang runtuh.

"Aparat TNI kita selalu yang tercepat. Namun kita malu, karena kalau tentara dari luar dengan membawa peralatan-peralatan yang canggih, TNI kita hanya bermodal semangat," ujar Asril Tandjung, yang juga Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang, dalam diskusi di Warung Daun, Pakubuwono, Jakarta, Sabtu (3/10). Diskusi juga dihadiri anggota DPR dari dapil Sumbar, Irwan Prayitno.

Karenanya, Asril meminta langsung kepada Irwan Prayitno agar DPR memikirkan secara serius peralatan-peralatan TNI, termasuk yang dibutuhkan saat terjadi bencana, dengan memberikan alokasi anggaran yang memadai. "Janganlah TNI menjadi tentara termiskin di dunia. TNI AS bisa kuat karena anggaran besar. Kalau hanya bermodal semangat saja, kapan bisa kuat?" sergah mantan Kepala Staf Kostrad itu.

Sedang Irwan Prayitno menjelaskan, sebenarnya dari tahun ke tahun anggaran untuk TNI selalu dinaikkan. Hanya saja diakui, alokasi anggaran yang disiapkan di APBN memang belum sesuai dengan anggaran yang diajukan Departemen Pertahanan. "Problemnya, uang negara memang terbatas sehingga sulit untuk membaginya," kilahnya.

JAKARTA -- Tokoh masyarakat Minang di Jakarta, Mayjen TNI (purn) Asril Tandjung mengatakan, personil TNI merupakan unsur yang paling sigap tatkala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA