Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Ini Lebih Cocok jadi Menpora di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Jumat, 18 Oktober 2019 – 21:37 WIB
Tokoh Ini Lebih Cocok jadi Menpora di Kabinet Jokowi-Ma'ruf - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat mengumumkan nama Erick Thohir sebagai ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai posisi Menteri BUMN jangan sampai diisi oleh kader partai Politik.

Menurutnya, jika pos menteri ini diisi oleh orang partai, maka akan rawan menjadi sapi perahan atau mesin ATM Partai.

"Sebaiknya sih diisi oleh kalangan profesional, yang memiliki kemampuan memanajeri perusahaan," kata Pangi saat diskusi pada Jumat (18/10).

Meski demikian, kata Pangi, jangan sampai kalangan profesional ini membawa agenda kepentingan para pebisnis.

"BUMN ini seharusnya menjadi alat negara untuk menghasilkan uang, di mana uang ini untuk menutupi defisit seperti PLN atau BPJS Kesehatan," tegasnya.

Calon menteri, kata dia, harus mampu membuat manfaat BUMN sangat dirasakan oleh rakyat. Jangan malah rakyat yang dibebankan untuk menutupi defisit, dengan cara menaikkan harga listrik ataupun iuran BPJS Kesehatan.

Terkait peluang Erick Thohir untuk menjabat Menteri BUMN, kata Pangi sebaiknya Mantan Ketua TKN itu menduduki posisi menteri yang lain saja.

"Saya rasa Erick Thohir cocok jika menjadi Menpora. Karena pengalamannya sebagai Ketua Panitia Asian Games, pernah menjadi Ketua Umum KOI, pernah membeli Inter Milan, DC United," jelas Pangi. (flo/jpnn)

Sudah ada daftar nama yang dipilih untuk masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf dan akan diumumkan setelah pelantikan presiden dan wapres.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close