Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Masyarakat dan Penyintas Pegang Peran Penting Sosialisasikan Bahaya Covid-19

Senin, 28 Desember 2020 – 22:22 WIB
Tokoh Masyarakat dan Penyintas Pegang Peran Penting Sosialisasikan Bahaya Covid-19 - JPNN.COM
Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh masyarakat menjadi salah satu sosok terbaik untuk menyosialisasikan bahaya COVID-19 dan cara pencegahannya, sehingga masyarakat bisa lebih paham dan tidak lebih jauh memandang pasien COVID-19 dengan stigma negatif.

"Jadi pendekatan paling bagus adalah dari tokoh-tokoh yang paling dekat dengan mereka. Bisa tokoh agama, tokoh masyarakat," kata pengajar KSM Psikiatri FKUI/RSCM Dr. dr. Hervita Diatri, Sp.KJ(K) dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (28/12).

Dia mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kelompok orang yang paling sering menganggap COVID-19 tidak ada atau merasa bahwa mereka tidak akan tertulari COVID-19 adalah kelompok masyarakat dengan usia 17-29 tahun.

Kemudian juga kelompok masyarakat dengan tingkat ekonomi dan pendidikan lebih rendah.

Pada kelompok masyarakat usia 17-29 tahun, mereka mungkin dapat mengakses informasi tentang COVID-19 dari media sosial atau media informasi lain secara daring.

Namun gaya bahasa yang disampaikan oleh media terkait isu COVID-19 tampaknya belum benar-benar efektif menarik perhatian kelompok tersebut.

Tokoh masyarakat dan penyintas harus memiliki materi terpercaya saat memberi sosialisasi bahaya Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close