Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Oposisi Resmi Jadi PM

Kamis, 12 Februari 2009 – 07:14 WIB
Tokoh Oposisi Resmi Jadi PM - JPNN.COM
HARARE - Power sharing alias pembagian kekuasaan di Zimbabwe benar-benar terwujud. Kemarin (11/2) tokoh oposisi utama Morgan Tsvangirai dilantik oleh rival politiknya, Presiden Robert Mugabe, sebagai perdana menteri (PM) negeri yang tengah dihantam hiperinflasi tersebut.

Tsvangirai, ketua Partai Pergerakan untuk Perubahan Demokrasi (MDC), sebenarnya adalah pemenang pemilihan presiden tahun lalu. Namun, dengan alasan banyak pendukungnya yang menjadi korban kekerasan kubu lawan, dia mundur sebelum pemilihan mencapai finis. Tapi, setelah mendapatkan tekanan dari Southern African Development Community, kelompok negara-negara di Afrika bagian selatan, Tsvangirai akhirnya bersedia menerima tawaran power sharing itu.

Dalam pelantikan di Harare kemarin, Tsvangirai dan Mugabe saling menebar senyum setelah bersalaman begitu usai pelantikan yang ditayangkan langsung televisi setempat itu. "Saya akan berusaha sebaik-baiknya mengabdi kepada Zimbabwe dalam kapasitas sebagai perdana menteri Republik Zimbabwe," ujar Tsvangirai saat pelantikan sembari mengangkat tangannya, seperti dikutip BBC.

Namun, banyak pihak yang tak yakin bahwa pembagian kekuasaan itu bisa menjawab segunung masalah yang membelit Zimbabwe. Misalnya, epidemi kolera yang telah mengakibatkan kematian 3.400 warga negeri itu, ekonomi yang hancur lebur, dan tingkat pengangguran yang mencapai 90 persen. (hep/ttg)

HARARE - Power sharing alias pembagian kekuasaan di Zimbabwe benar-benar terwujud. Kemarin (11/2) tokoh oposisi utama Morgan Tsvangirai dilantik

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close