Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Papua: Jangan Mau Diprovokasi karena Peristiwa Ini

Jumat, 30 Juli 2021 – 09:25 WIB
Tokoh Papua: Jangan Mau Diprovokasi karena Peristiwa Ini - JPNN.COM
Freddy Numberi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Freddy Numberi mengingatkan masyarakat Papua mewaspadai provokasi menyusul penganiayaan seorang warga di Merauke, Papua, oleh oknum anggota TNI AU.

Mantan Menteri Perhubungan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu berharap masyarakat di Bumi Cenderawasih tetap bisa menjaga suasana kondusif dan tidak terpancing provokasi yang bisa merusak situasi keamanan dan ketertiban.

"Jangan mau diprovokasi karena peristiwa ini," kata Numberi di Jakarta, Jumat.

Di satu sisi, Numberi yang juga pernah menjadi gubernur Papua dan juga purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir laksamana madya TNI mengakui peristiwa itu sangat menggugah karena korban adalah penyandang disabilitas.

Ke depan, prajurit TNI diharapkan bisa jadi pelindung masyarakat bukan justru sebaliknya sebagaimana insiden yang terjadi beberapa waktu lalu. Kendati demikian, ia percaya institusi TNI bisa menyelesaikan masalah ini secara hukum.

"Panglima TNI sudah menangani langsung isu itu dan orangnya pasti dihukum," kata dia.

Senada dengan itu, Ketua Forum Komunikasi dan Aspirasi MPR untuk Papua Yorrys Raweyai berharap peristiwa itu tidak menjadi isu liar dan berkembang di luar konteks.

Masyarakat, kata dia, perlu menjaga suasana stabilitas dan kondusif termasuk di wilayah Papua yang saat ini sedang mengalami eskalasi isu dan persoalan yang meninggi akibat situasi sosial dan politik yang berkembang.

Bekas gubernur Papua mengingatkan masyarakat di Bumi Cenderawasih mewaspadai provokasi menyusul penganiayaan seorang warga di Merauke oleh oknum anggota TNI AU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close