Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tol Samarinda-Balikpapan Sedot Rp 6 T

Sabtu, 26 Desember 2009 – 13:34 WIB
Tol Samarinda-Balikpapan Sedot Rp 6 T - JPNN.COM
SAMARINDA – Pemprov Kalimantan Timur mengalokasikan dana sebesar Rp6 triliun untuk membangun jalan tol Samarinda-Balikpapan. Penyediaan dana akan dilakukan secara multiyears dari APBD Kaltim. Saat ini pemprov baru memiliki dana Rp 280 miliar. Rinciannya,  APBD Kaltim tahun 2008 Rp 20 miliar, APBD 2009 Rp 130 miliar, dan dari APBD 2010 Rp 130 miliar. Ditargetkan, pembagunan jalan tol ini kelar pada 2013.

Dana dari APBD Kaltim sejak 2009 dan 2010 itu pun hanya untuk untuk pembebasan lahan proyek tol Samarinda-Balikpapan. Meski demikian, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak tetap optimis pembangunan tol tersebut bisa terwujud sesuai target. Dia juga yakin akan ada investor yang mau bekerjasama dengan pemda.  “Soal investor tak usah menjadi keraguan. Kami tetap optimistis rencana pembangunan jalan bebas hambatan dari Samarinda-Balikpapan segera terwujud. Orang lain boleh ragu, tapi biar waktu nanti yang membuktikan,” katanya.

Awang menjelaskan, saat ini pihaknya masih sedang mencari  investor yang akan mengerjakan 3 segmen tol Samarinda-Balikpapan yakni Balikpapan-Samboja, Samboja-Palaran dan Palaran-Samarinda. Dia yakin, tahun depan  sudah dimulai pekerjaan proyek itu.

Rencananya, lelang 3 segmen tol itu dilakukan pada akhir Desember 2009 hingga Januari 2010. Bila sudah ada pemenang tender, menurut Faroek, proyel bakal dikerjakan kontraktor dengan sistem multiyears. Artinya kontraktor mengerjakan proyek itu hingga selesai, sementara pemprov akan membayarnya bertahap.  “Jadi nanti dianggarkan dana untuk pengerjaan proyek itu secara bertahap,” ujarnya.

loading...