Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tolak Boikot, Timnas Belanda Peduli Isu Pelanggaran HAM di Qatar

Rabu, 24 Maret 2021 – 21:33 WIB
Tolak Boikot, Timnas Belanda Peduli Isu Pelanggaran HAM di Qatar - JPNN.COM
Pelatih kepala tim nasional Belanda Frank de Boer (kanan) memimpin sesi latihan di Zeist, Belanda, Selasa (23/3/2021), jelang bertolak ke Turki untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa sehari berselang. (ANTARA/AFP/ANP/Koen van Weel)

jpnn.com, BELANDA - Tim nasional Belanda ingin meningkatkan kesadaran atas isu pelanggaran HAM terhadap pekerja migran di Qatar.

Namun, timnas Belanda menolak langkah boikot atas putaran final Piala Dunia 2022 yang akan digelar di jazirah Timur Tengah itu.

Belanda yang berada di Grup G fase kualifikasi zona Eropa, akan mengawali perjuangan mereka dengan laga tandang ke Turki pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) sendiri sudah sempat mengeluarkan pernyataan terkait isu eksploitasi pekerja migran di Qatar, tetapi memastikan tidak akan menempuh aksi boikot.

"Perhatian sekarang tertuju kepada apakah kami akan tetap berangkat ke sana jika lolos," kata pelatih kepala Belanda Frank de Boer dalam jumpa pers sebagaimana dilansir Reuters.

"Mengangkat pertanyaan soal itu adalah sebuah langkah yang benar. Semua orang tahu apa yang terjadi di sana tidak baik."

"Human Rights Watch dan Amnesty International juga sudah bilang dengan tetap ke sana, kami bisa mengkampanyekan isu ini lebih vokal," ujarnya menambahkan.

Setelah bertahun-tahun ditekan oleh berbagai kelompok pembela HAM, Qatar baru-baru ini mengubah regulasi ketenagakerjaan mereka demi menghapuskan sebagian sistem sponsor 'kafala', menghapuskan kewajiban pekerja meminta izin dari atasan pemberi sponsor kerja jika ingin pindah pekerjaan atau meninggalkan Qatar.

Tim nasional Belanda sangat peduli terhadap isu pelanggaran HAM pekerja migran di Qatar, namun menolak untuk memboikot putaran final Piala Dunia 2022.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close