Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tolak Pengungsi Etnis Rohingya, Warga Aceh Barat Gelar Demo

Selasa, 26 Maret 2024 – 16:31 WIB
Tolak Pengungsi Etnis Rohingya, Warga Aceh Barat Gelar Demo - JPNN.COM
Masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Barat, di kawasan Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, guna melakukan penolakan terhadap keberadaan pengungsi etnis Rohingya di desa mereka, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

jpnn.com, MEULABOH - Warga Desa Suak Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat menggelar aksi unjuk rasa di lokasi penampungan etnis Rohingya di Kompleks Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, Selasa sore.

“Kami mau pengungsi Rohingya dipindah dari desa kami,” kata M Nasir, salah satu warga Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat kepada wartawan di Meulaboh, Selasa.

Menurutnya, aksi unjuk rasa yang mereka lakukan karena masyarakat merasa tidak nyaman dengan kehadiran pengungsi Rohingya di desanya.

Belum lagi dengan pengalaman yang selama ini terjadi di sejumlah daerah di Aceh yang menampung Rohingya, kata Nasir justru banyak pengungsi yang melarikan diri dari kamp pengungsian.

Selain itu, kehadiran masyarakat untuk melakukan aksi unjuk rasa karena menagih janji Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, yang sebelumnya meminta waktu selama lima hari untuk menempatkan pengungsi Rohingya di desa mereka.

Namun, hingga hari keenam, puluhan pengungsi etnis Rohingya masih berada di desa mereka, sehingga masyarakat melakukan aksi protes dengan menggelar unjuk rasa.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Barat, yang juga Teuku Samsul Alam yang juga Penanggungjawab 2 Pengungsi Rohingya meminta kepada warga agar bersabar.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Pemerintah Aceh dan pihak terkait penanganan Rohingya.

Warga menggelar aksi unjuk rasa di lokasi penampungan etnis Rohingya di Kompleks Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close