Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Top, Ini Pidato Yaqut Cholil Qoumas saat Acara Pisah Sambut Menag

Kamis, 24 Desember 2020 – 01:34 WIB
Top, Ini Pidato Yaqut Cholil Qoumas saat Acara Pisah Sambut Menag - JPNN.COM
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan sebuah pidato yang menginsipirasi dalam pisah sambut dengan Menteri Agama 2019-2020 Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan tidak ingin diskriminasi muncul di Kementerian Agama serta menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi.

"Saya tidak ingin dari Kementerian ini muncul sikap-sikap, cara-cara diskriminatif satu sama lain, itu ada atau muncul dari Kemenag," kata Yaqut dalam pidato pisah sambut dengan Menteri Agama 2019-2020 Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, di Jakarta, Rabu.

Ia ingin satu sama lain untuk saling menghormati, terutama di antara pemeluk agama yang berbeda keyakinan. Mengutip pernyataan Khalifah Sayiddina Ali, Yaqut mengatakan jika bukan dalam saudara satu iman maka siapa pun adalah saudara dalam kemanusiaan.

Menurut Gus Yaqut, toleransi tingkat tinggi harus dicontohkan unsur Kementerian Agama kepada masyarakat. Dia mengatakan kebijakan antidiskriminasi itu akan menjadi arus utama di Kemenag.

"Pada saatnya nanti kita lakukan breakdown yang saya sampaikan. Bagaimana Kemenag ini benar-benar menjadikan diri sebagai kementerian semua agama," kata dia.

Agama, kata dia, harus dikembalikan kepada fungsinya yaitu mendamaikan dan menjadi instrumen resolusi konflik semua persoalan.

"Kita menolak agama sebagai sumber konflik dan perpecahan. Semua dimulai dari kementerian ini," kata dia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tidak ingin diskriminasi muncul di Kementerian Agama serta menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close